Ngapain Kamu Masuk ke Blog ini ?
Nambah2 Wawasan
Kagak Sengaja
Gak Tahu, Pengen Aja .
  
Free polls from Pollhost.com
<
Goal.com
My Photo
Name:
Location: Bandung, Jawa Barat, Indonesia

  • Nama kota yang paling sulit diucapkan adalah :Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantisilio gogogoch,kota yang gampangnya disebut Llanfair PG ini terletak di Wales.

  • Nama kota terpanjang di dunia adalah : Krung Thep Maha Nakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayutthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udom Ratchaniwet Mahasathan Amon Phiman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanu Kamprasit.

  • Sel2x tubuh manusia menyelesaikan regenerasinya yang baru setiap 72 jam.....

  • Islandia itu berwarna hijau dan Greenland tertutup dengan es.....kebalik ya..

  • "IBM COMPATIBLE" tidak 100 % compatible kecuali dia dapat menjalankan MIRCOSOFT FLIGHT SIMULATOR.

  • Hard Drive pertama yang diciptakan memiliki kapasitas terbesar adalah 5 MB dan berharga $ 45.000.

  • Menurut survei unesco thn 1996, nama yang paling umum dipakai didunia adalah Mohammed.


  • Singapore adalah satu2xnya negara dengan 1 stasiun kereta api.

  • Pertandingan dengan penalti terburuk adalah antara Steau bucharest dan barcelona pada Piala champion thn 85/86. dari 10 tendangan, 8 berhasil ditahan kiper dan 2 berhasil pada putaran ke 3 penalti (Artinya 20 penalti sebelumnya tidak ada satupun yang masuk kegawang).

  • Tahukah anda bahwa jika anda berteriak terus menerus selama 8 tahun,7 bulan dan 6 hari, energi yang anda keluarkan akan cukup untuk memanaskan secangkir kopi.

  • Jika anda kentut secara konsisten selama 6 tahun 9 bulan,anda akan menghasilkan gas yang cukup untuk menciptakan energi yang diperlukan dalam membuat bom atom.

  • Durasi orgasme seekor babi dapat mencapai 30 menit lamanya !!..

  • Membenturkan kepala ke tembok menghabiskan 150 kalori setiap jamnya..

  • Dari banyak spesies, hanya manusia dan lumba-lumba yang bisa melakukan seks sebagai sebuah kesenangan..

  • Semua beruang kutub kidal...... (Sebodo amaaattt!)

  • Seekor kecoa mampu bertahan hidup selama 9 hari tanpa kepala,sebelum mati karena kelaparan..

  • Seekor kutu mampu melompat sejauh 350 kali panjang badannya.Kira-kira sama dengan seorang manusia melompat sejauh lapangan sepakbola !!!..

  • Belalang sembah jantan tidak bisa membuahi betinanya selama kepalanya masih menempel pada tubuhnya. Sang betina harus memulai ritual seks dengan memenggal kepala sang jantan..

  • Beberapa jenis singa mampu kawin sebanyak 50 kali dalam sehari..

  • Alat perasa pada kupu-kupu adalah kakinya..

  • Bintang laut tidak mempunyai otak..(Ah, nggak cuma bintang laut.Manusia juga ada.)..
    web site hit counter
friend online

Powered by Blogger

Subscribe with Bloglines Live football scores

Thursday, December 21, 2006

GANJA, OPIUM, dan KOKAIN Keindahan Yang Memabukkan

NARKOBA bukanlah kosakata baru dalam khazanah perbendaharaan kata kita. Narkoba juga bukan barang baru yang “dikonsumsi” sebagian masyarakat. Narkoba justru kini mulai mewabah dan menjadi hantu baru yang mengancam generasi muda. Boleh dibilang, narkoba sudah menjadi musuh masyarakat yang harus dihadapi bersama-sama.

Meski narkoba bukan sesuatu yang asing, harus diakui, sebagian besar masyarakat kita masih belum mengetahui betul seluk-beluk dan hakikat narkoba. Secara bahasa, narkoba adalah akronim dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lain. Dilihat dari asal usul bahasa, narkotika diambil dari istilah dalam bahasa Yunani nacosis, yang berarti obat bius yang melenakan atau menidurkan. Psikotropika adalah segala macam obat-obatan yang bukan termasuk jenis narkotika, namun memiliki efek dan bahaya mirip narkotika.

Sedangkan zat adkitif adalah segala macam zat yang bukan narkotika, namun menimbulkan efek ketergantungan bagi pemakainya. Secara umum, dilihat dari sisi semantika bahasa, narkoba berarti segala jenis obat atau zat, sintetis ataupun semisintetis, yang apabila diminum, diisap, dihirup, ditelan, atau disuntikkan, berpengaruh terhadap penurunan kesadaran/hilangnya rasa, atau memengaruhi kerja otak (susunan saraf pusat) dan menyebabkan ketergantungan.

Ganja

Narkoba banyak dipasarkan dalam kemasan lain dengan maksud untuk mengelabui pemakainya, misalnya sebagai obat antikantuk, obat pelangsing, obat peningkat kecerdasan, dan percaya diri. Ada dua golongan narkoba sesuai dengan tingkat bahaya dan penyalahgunaannya. Golongan I, berarti narkoba yang tidak memiliki kegunaan apa pun di dunia medis, misalnya heroin. Narkoba golongan II adalah narkoba yang memiliki sedikit kegunaan di dunia medis namun memiliki kemungkinan yang besar untuk disalahgunakan, contohnya morfin.

Saat ini ada banyak sekali obat yang telah diketahui berpotensi disalahgunakan sebagai narkoba. Sebagian besar tergolong sebagai obat sintetis yang dibuat oleh manusia, namun ternyata sebagian diproduksi secara alami oleh alam. Tentu saja, bukan berarti bahwa narkoba yang diproduksi alam menjadikannya lebih aman untuk dikonsumsi. Bahkan sebagian besar narkoba alami ini termasuk dalam narkoba golongan I, dan menjadi senyawa induk dalam produksi narkoba jenis lainnya.

Narkoba yang diproduksi alam di antaranya yang paling dikenal di Indonesia adalah ganja. Tanaman ganja banyak terdapat di Indonesia, salah satunya di Aceh. Bahkan tanaman ini sering kali ditemukan di pekarangan-pekarangan rumah dan dijadikan bumbu masak. Ganja termasuk jenis narkotika yang banyak diperdagangkan karena proses produksinya relatif mudah, cukup dengan menghilangkan kadar air dari tanaman sehingga menghasilkan ganja kering. Ganja kering ini dapat langsung dikemas, biasanya dalam bentuk rokok (dilinting).

Opium & koka

Jenis narkotika lainnya yang diproduksi langsung oleh alam adalah opium. Turunan dari opium juga merupakan obat yang bersifat adiktif dan berbahaya, di antaranya adalah morfin dan heroin. Morfin diisolasi dari crude opium melalui pelarutan dalam air dan reaksi dengan amonia. Morfin dapat pula direaksikan dengan anhidrida asetat--zat kimia yang juga digunakan pada produksi aspirin--melaui tahapan reaksi yang cukup kompleks, untuk kemudian menghasilkan turunan opium lainnya, yaitu heroin.

Kemurnian dari morfin sebagai bahan baku akan menetukan kualitas dari heroin yang dihasilkan. Produsen besar dari opium dan turunannya yang paling dikenal di Asia adalah daerah Segi Tiga Emas (Golden Triangle), sebuah kawasan perbatasan Vietnam, Laos, Thailand, dan Myanmar. Di samping itu, daerah Timur Tengah seperti Afganistan dan Irak termasuk produsen heroin yang cukup dikenal.

Ada cerita menarik dari heroin yang mungkin belum banyak diketahui. Pada tahun 1898 sampai 1910, heroin telah dipasarkan secara luas sebagai pengganti morfin yang nonadiktif dan sebagai obat batuk bagi anak-anak. Bahkan industri farmasi besar sekelas Bayer (asal Jerman), sempat memasarkan heroin sebagai obat dalam penyembuhan bagi ketergantungan morfin.

Namun kemudian, para ahli menemukan bahwa heroin sesungguhnya dikonversi menjadi morfin dalam hati. Semua turunan opium dikonversi di hati manusia menjadi molekul-molekul identik dengan tingkat konsentrasi yang berbeda-beda dalam aliran darah. Penemuan ini sempat menjadi blunder sejarah bagi Bayer.

Selain itu, ada pula kokain, narkotika yang berasal dari tanaman koka. Kokain banyak diproduksi di daerah Amerika Latin, seperti Cile, Kolombia, Peru, dan Meksiko.***

Galuh Yuliani, M.Si.
Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Kimia UPI Bandung.

dari Cakrawala

Comments on "GANJA, OPIUM, dan KOKAIN Keindahan Yang Memabukkan"

 

post a comment